Selasa, 29 Maret 2011

Wafatnya penemu Mie Instan

Wafatnya penemu Mie Instan






mie instan..hem siapa yang tak mengenalnya..semua kalangan masyarakat dari berbagai strata sosial pasti pernah mencicipinya,hanya dengan bermodal Rp1500 kita sudah bisa menikmati berbagai rasa yang menggugah selera mulai dari soto ayam,kare ayam,ayam bawang dan sebagainya.namun tahu kah anda siapa penemu makanan rakyat tersebut.. Banyak penggemar mi instan di seluruh dunia mungkin tidak tahu siapa itu Momofuku Ando. Namun, pria sepuh asal Jepang tersebut berjasa memperkenalkan mi instan, yang kini termasuk makanan favorit di muka bumi. Sejak Jumat (5/1) lalu, Ando sudah pergi meninggalkan dunia dalam usia 96 tahun. Menurut Nissin Food Products Co, Ando wafat akibat sakit jantung yang sudah parah.Nissin merupakan perusahaan makanan yang dibuat Ando tahun 1948 dan kini sudah mengeruk laba miliaran dolar Amerika di penjuru dunia.

Wafatnya Ando tak pelak mengundang perhatian besar dari hampir semua kalangan media massa di Jepang yang menyediakan kolom khusus mengenai hidupnya akhir pekan lalu.Surat kabar terkemuka Jepang, Asahi Shimbun, misalnya memuji peran Ando dalam memperkenalkan “mi instan ke dunia dan ke luar angkasa.” Harian terbesar Jepang, Yomiuri Shimbun, mengungkapkan bahwa Ando memulai produksi mi instan dari nol, namun kini sudah tumbuh berkembang menjadi konsumsi massal.Ando merupakan wiraswasta yang lahir di Taiwan saat pendudukan Jepang pada tahun 1910. Awalnya dia mengelola bisnis pakaian jadi di Taipei dan Osaka saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Ritsumeikan, Kyoto. Namun, Ando akhinya berkonsentrasi di bisnis makanan dengan mendirikan Nissin.Produk pertama Nissin adalah “Mi Ayam”, yang merupakan produk mi instan pertama pada tahun 1958. Mi instan rasa daging ayam tersebut dapat siap dalam waktu beberapa menit hanya dengan diseduh air panas di dalam mangkuk tertutup. Produk ciptaan Ando tersebut lahir saat bisnisnya tengah morat-marit.

Antrean Panjang
Dalam biografinya, Ando mengungkapkan bahwa dia terinspirasi menciptakan produk mi instan saat melihat antrean panjang para pembeli kedai mi kuah di suatu pasar.
Penjualan mi instan ayam buatan Nissin melonjak pesat setelah perusahaan dagang Mitsubishi Corp, dibentuk pada tahun 1959 untuk mempromosikan produk tersebut bersamaan mulai bangkitnya Jepang sebagai negara industri.Tahun 1971, Nissin menciptakan produk baru, yaitu “Cup Noodle”, yaitu mi instan kering yang dibungkus dalam kotak yang tahan panas sehingga bisa dinikmati konsumen di mana saja. (ant/afp/ren)

Copyright © Sinar Harapan 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar