Minggu, 10 April 2011

11 Patung Budhha Terindah dan Terkenal di Dunia

11 Patung Budhha Terindah dan Terkenal di Dunia

Studi tentang Buddhisme telah menginspirasi beberapa kontribusi dunia yang paling indah untuk dunia seni, paling terkemuka dalam bentuk patung yang dikenal sebagai Buddharupa yang menghiasi kuil Buddha. Tercantum di sini ada beberapa patung di dunia yang paling terkenal indah dan membawa pesan tentang perdamaian. Beberapa dari patung-patung Buddha adalah salah satu yang terbesar di dunia.
1. Patung Budha Candi Borobudur (Indonesia-Magelang, Jawa Tengah)
Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha, yang disalahsangkakan sebagai patung Adibuddha, padahal melalui penelitian lebih lanjut tidak pernah ada patung pada stupa utama, patung yang tidak selesai itu merupakan kesalahan pemahatnya pada zaman dahulu. menurut kepercayaan patung yang salah dalam proses pembuatannya memang tidak boleh dirusak. Penggalian arkeologi yang dilakukan di halaman candi ini menemukan banyak patung seperti ini.
2. Patung Buddha Hussain Sagar (India)
Patung Buddha ini terletak di tengah danau buatan di kota Hyderabad merupakan salah satu patung yang paling terkenal di India. Patung ini berada pada 17 meter penuh (56 kaki) tinggi dan berat 320 ton. Patung monolithic terbesar di seluruh India, itu dipahat oleh sekelompok pengrajin dari sepotong batu. Tragisnya, selama instalasi patung pada tahun 1992 patung tersebut terbalik dan jatuh ke dalam danau, menyebabkan kematian 8 pekerja. Kemudian pemerintah India mnegambil dan menderikan kembali patung tersebut
3. Tian Tan Buddha Statue (China)
Tian Tan Buddha secara lokal disebut sebagai Buddha Besar, terletak di Pulau Lantau, di Hong Kong. patung ini di buat dari perunggu dan selesai pada tahun 1993, patung ini adalah fitur utama dari Biara Po Lin, melambangkan keharmonisan antara manusia, alam, masyarakat dan agama. Patung ini bernama Tian Tan Buddha karena dasarnya adalah replika dari Tian Tan, Temple of Heaven di Beijing. Patung duduk di atas takhta teratai di atas mezbah tiga berjenjang. 34 meter (110 kaki) tinggi patung ini, Tian Tan Buddha dibuat dalam sikap yang tenang. tangan kanannya dinaikkan untuk menghapus penderitaan. tangan kirinya bertumpu pada lututnya, mewakili kebahagiaan.
4. Monywa Buddhas (Myanmar)
Monywa adalah sebuah kota di Myanmar pusat yang terletak di tepi Sungai Chindwin.tinggi patung ini 90 meter (300 kaki) panjang. Kepalanya sendiri adalah 60 meter tingginya. Sang Buddha Monywa dibangun pada tahun 1991, memungkinkan pengunjung untuk berjalan di sepanjang kepala ke kaki. Di dalam gambar ini terdapat 9.000 gambar logam Sang Buddha dan murid-muridnya, patung ini menggambarkan representasi berbagai peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha.
Baru-baru ini berdiri patung Buddha raksasa dibangun di atas Po Hills Kaung. Pada 132 meter (433 kaki) ini adalah salah satu patung Buddha terbesar di dunia.
5. Ayutthaya Buddha Head (Thailand)
Kota Thailand Ayutthaya adalah lokasi dari salah satu patung yang paling tidak biasa di dunia Buddhis. Di antara reruntuhan Wat Mahathat (The Temple of the Great Relic) adalah sisa-sisa patung batu pasir dari Sang Buddha yang tubuhnya telah hilang dengan umur, namun kepala yang terletak tepat di akar merambat pohon.
6. Gal Viharaya (Sri Lanka)
Terletak di Sri Lanka, Polonnaruwa adalah situs dari salah satu yang paling menakjubkan dalam dunia Sang Buddha. Candi ini terbuat dari batu karang raksasa dibangun oleh Parakramabahu Agung pada abad ke-12. Daya tarik utama dari candi ini adalah 4 besar patung Buddha diukir dalam batu granit. salah satunya adalah patung Sang Buddha berbaring dengan ukuran 14 meter (46 kaki) panjang dan berukuran 7 meter (23 kaki) tingginya.
7. Ushiku Daibutsu (Japan)
Daibutsu Ushiku terletak di kota Ushiku di Jepang. Selesai pada tahun 1995, sosok itu adalah salah satu patung tertinggi di dunia, total 120 meter (394 kaki) tinggi termasuk 10m (30 kaki) dasar dan platform teratai 10m tingginya. Pengunjung patung Buddha dapat menaiki lift ke platform. Sosok perunggu berlapis menggambarkan Amitabha Buddha, dan juga dikenal sebagai Ushiku Arcadia.
8. Temple of the Reclining Buddha (Thailand)
Terletak di Bangkok, Wat Pho yang terkenal dengan patung Buddha besar. Ini adalah salah satu kuil terbesar di Bangkok dan juga salah satu yang paling tua, dibangun hampir 200 tahun sebelum Bangkok menjadi ibukota Thailand. Patung Reclining Buddha berlapis emas dengan 46 meter panjangnya dan 15 meter tinggi.
9. Great Buddha of Kamakura (Japan)
The Kotoku-in adalah sebuah kuil Buddha dari sekte Jodo shu terletak di kota Kamakura di Jepang. Candi ini terkenal dengan patung besar Buddha-nya (atau Daibutsu). representasi outdoor kolosal Amida Buddha, salah satu tokoh yang paling dihormati pemeluk Buddha di Jepang . patungSang Buddha ini berdiri ebih dari 13 meter (40 kaki) dan berat hampir 93 ton.
Meskipun awalnya bertempat di sebuah kuil kayu kecil, patung Sang Buddha sekarang berdiri di udara terbuka karena candi asli telah tersapu tsunami pada abad ke-15.
10. Temple of the Emerald Buddha (Thailand)
Kuil Buddha lain di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Kuil Emerald Buddha, yang terletak di dalam dasar Grand Palace. salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia.
Sebuah patung giok dihiasi dengan pakaian emas, Emerald Buddha, menurut legenda, diciptakan di India pada 43 SM di kota Pataliputra, di mana ia tinggal selama 300 tahun. Pada abad ke-4 Masehi itu dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu Budha untuk menyelamatkannya dari kehancuran akibat perang. Akhirnya patung tersebut dibuat untuk Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew pada tahun 1779. Patung ini memiliki tiga pakaian emas berbeda, yang diubah oleh Raja Thailand dalam upacara di perubahan musim.
11. Leshan Giant Buddha (China)
Sang Buddha Raksasa Leshan adalah patung Buddha raksasa diukir pada tebing di Sichuan, Cina barat. Patung besar adalah sosok Maitreya – seorang Bodhisattva tradisional, diukir dalam posisi duduk. Dimulai pada tahun 713 selama Dinasti Tang, patung itu tidak selesai sampai tahun 803, kemudian di ukir ribuan pematung dan pekerja. Patung ini adalah patung Buddha terbesar dengan batu berukir di dunia.Patung ini sekitar 71 meter (233 kaki) tingginya dan memiliki tiga meter (11 kaki) panjang.

SOURCE:http://mygenieworld.wordpress.com/2011/04/09/11-patung-budhha-terindah-dan-terkenal-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar